Tulisan ini
Misi gan, om tante,.... ane mau jelasin sedikit about Kerja di Kapal
Pesiar mengingat semakin banyaknya penipuan yang terjadi hingga puluhan
juta. Berharap bagi yang baca bisa share dengan teman2nya yang punya
rencana mau kerja di kapal pesiar.
Sebelum dan sesudahnya ane mau tegasi kalau ane :
1. Bukan agent kapal pesiar manapun
2. Bukan sedang bermaksud melakukan recruitmen
Ini terus terang murni karena ane kasian denger banyak banget orang yg
ketipu baik sebelum berangkat maupun sesudah berangkat. So dengan
mengenal dunia Kapal sebelum berangkat jadi mengurangi tindakan
penipuan.
OKe, buat agan-agan yang lain yang udah pengalaman gak usah merasa
tersaingi, Thread ini khusus agar mengurangi tindakan penipuan that's
it, i don"t want to show off. Berbagi biar saling melindungi. Kalau ada
perbedaan pengalaman just share gak perlu debat kusir. Kasi tau yang mau
berangkat biar lebih matang.
Chapter One (Sebelum Berangkat)
Untuk lowongan di kapal pesiar biasanya terbagi dalam beberapa kategori dan range yaitu :
Restaurant Team :
1. Waiter
2. Asisten Waiter
3. Snack Steward atau Buffe Runner
Housekeeping
1. Cabin Steward
2. Assistent Cabin Steward
3. Pool attendant, daily Cleaner, night cleaner, staf mess
Kitchen
1. First Cook - Second Cook
2. Third Cook
3. Steward (dish washer-pot washer-garbage man-night cleaner)
Bar
1. Bar waiter
2. Bartender
3. Bar boy
Deck
1. Officer (first, second, third)
2. Engeineering, electric dll
3. Bosun
4. Wiper, Able boy, dll
Nah ane bikin no 1-3 tiap departemen kecuali deck krn deck bnyak banget
jenisnya, artinya biasanya agent akan membuka lowongan di posisi yang no
3 (disini ane akan lebih menekankan hotel departemen dibandingkan deck)
dengan syarat sbb :
1. Pernah bekerja di Hotel bintang 4-5 selama minimal 1 tahun
2. Memiliki sertifikasi kecapakan bidang kelautan (info dibawah)
Jarang tapi ada juga agent kapal buka lowongan di posisi no 2 atau 1,
biasanya minta spesifikasi tinggi, minimal manager di hotel.
Oke setelah itu setiap crew yang lulus seleksi harus punya sertifikasi pelaut yaitu :
1. Pasport udah pasti but harus di endors di kantor syahbandar, ntar pasport kita di chop bahwa kita itu pelaut
Biaya : variasi masing2 daerah biasanya kl urus sendiri si paling 200-300 ribu kl pake jasa calo bisa 500 an
2. Seamen Book adalah buku pelaut yang menandakan bahwa kita
tidak tidur di darat, kita tidurnya di laut so pihak imigrasi langsung
tanda dan tidak mempersulit
Biaya : urus sendiri 100 ribu an. calo 300 ribuan
3. BST (Basic Safety Trainning)
Ini sertifikasi kecakapan
kita tentang kapal. kita akan belajar tentang kapal, keadaan emergency,
cara nurunin skoci, liferaft dll.
Biaya : 1,5 juta. Nah jangan
sekali sekali agan nembak alias beli BST tapi ga ikut trainning ber
resiko tinggi. kenapa, nanti pas di kapal ditanya sesuatu ama safety
officer trus kita ga bisa jawab bisa dipulangin. trus itu sertifikat di
issued ama IMO (International Maritime Organization) ada kode di
sertifikatnya yang bisa dibuka dimana aja melalui internet kl yg palsu
pasti langsung ketauan, so ikut aja trainningnya cuma 2 minggu kok.
4. SCRB (Safety Craft and Resque Boat)
Hampir sama kayak BST
cuma sedikit lebih advance materi trainningnya lebih ke survival. Inti
latihannya adalah kita tau kalau kapal tenggelam harus ngapain, ga hanya
tenggelam kalau kapal dalam keadaan bahaya kita tau harus kemana dan
ngapain bukannya panik
Biaya : 800 ribu. sama kayak bst jgn sekali sekali nembak, bahaya. Trainning 1 minggu
5. CCM (Crowd Crisi Management)
Juga sama tapi lebih banyak
ke penanganan ke penumpang, bayangin di kapal passanger 3000 orang
terjadi hal emergency pasti pada panik. latihan ini ditujukan agar mampu
mengendalikan masa.
biaya : 800 ribu, sama jangan nembak. training 1 minggu.
6. Yellow Faver
Ini kayak imunisasi biar ga kena penyakit. biasanya buat kapal2 yang ke Afrika.
Biaya : 300 ribu. Ingat ini sekali disuntik maka tidak boleh disuntik lagi sampai 10 tahun kalau nggak bisa lumpuh.
Sebagian besar sih 6 itu aja sekalipun masi ada lagi spt AFF (advance
fire fighting) dll. kalau ente apply buat deck maka makin lengkap lah
sertifikatnya
so kalau lu ngurus sendiri kira kira biaya segini :
pasport : 200.000
seamen : 150.000
bst : 1.500.000
total : 1.850.000
plus scrb : 800.000
plus ccm : 800.000
yellow F : 300.000
total : Rp 3.750.000
kenapa ane pisah karena kadang, di beberaa agent mereka cuma minta
pasport seamen ama bst that's it. tapi ada juga beberapa agent kapal
minta semuanya so begitulah itung-itungannya.CHAPTER TWO (BERANGKAT)
Oke let say agan lulus dan berangkat. Jangan lupa bawa mie instant,
cabe, kecap manis/asin, abon atau apa karena makanan di kapal kadang ga
cocok belum kalo pork atau beacon menunya. bawa paling ga usd 100 buat
jaga2. pandai-pandailah udah gede ini. ntar juga dibreifing agent kok.
nah ini yang pengen ane share buat yg pertama ke luar negeri. jangan
takut dan bingung kalau tiba di airport international yg belum pernah
kita kunjungin karena harus ber terus terang lebih membingungkan airport
di indo ketimbang di negara lain. Di negara lain semua tanda dan
informasi jelas pasti ga kesesat, dont't worry. ini yang kaitannya kalau
transit. misal jakarta dubai dubai florida newyork.Yang ane mau
tekankan disini gini :
- make sure itu flight kita conjunction ticket artinya bagasi kita yang
kita masukkan di jakarta maka akan kita ambil di tujuan akhir bukan di
tiap tiap transit kita harus pick up dan waktu check in harus di kasi
lagi. biasanya agent udah arrange flight kita itu langung langsung. but
ensure lagi waktu check in di jkt. biar bagasi aman. banyak kejadian
bagasi tinggal di negara A trus crew nya di negara B.
Nyampe di kapal
- Ship Introduction
- Ambil uniform
- masuk cabin
- kerja
Umumnya kita dikasi satu hari nginap di hotel sebelum besoknya kapal datang dan kita join.
Ini yang mau aku share lagi berdasarkan pengalaman pribadi, agak takut
nampilinnya tapi biar oke aku bikin adil. DI kapal akan ada 4 mayoritas
nation :
1. Indonesia
(biar adil : orang kita tu suka telat, melawan, kerja
terlalu memusingkan harga diri artinya kalau dimarahin langsung ga trima
dll yg pernah di kapal tau la dll dll dll)
2. Philipine
(ga semuanya tapi dari pengalaman pribadi dan testimoni
rekan ane : org pilipin pekerja keras tapi suka cari perhatian ke bos,
licik, suka menjilat..sekali lagi ga semua tapi pengalaman pribadi ane
spt itu dan ada juga kok yg baiknya luarbiasa ke ane selama di kapal)
3. India
(buat orang india yang baca ini aku harap ga marah dan
anggap aku rasialis tapi ini share berdasarkan pengalaman pribadi bahwa
teman sekamarku dulu india baunya minta ampun, itu aja ada yg lain tp
gak lah, ntar sara lagi, sekali lagi ga semua india bau, ada yg wangi
juga ko, cantik ganteng.
4. Latin (Peru, honduras, brazil dll)
(nah ini yang seru, latin so pasti suka party, minum, kalau udah party,.....tau sendiri lah nanti.
Sekali lagi ane tulis kelemahan bukan maksud jelekin tapi biar tahu
ngadepin nantinya. Karena kalau boleh jujur ada juga orang indo temen
ane yang bau, licik, penjilat ke bos, so don't judge the book by it's
cover. Ane cerita di atas makanya ane bilang ga semuanya, mungkin itu yg
ane temuin aja kali.
Well itu umat yang ada di kapal, sekarang job desk selama di kapal.
Kerja di kapal kurang lebih sama kayak di darat tapi lebih
ngejelimet,...disini biar untuk membantu teman2 saya mengklasifikasikan
pekerjaan di kapal itu kedalam 3 jenis.
1. Fix Job : kerjaan yang udah pasti ente kerjain tiap hari, ituuu ituuuu aja kerjaanya dari ente datang ampe ente pulang.
2. Variabel Job : kerjaan yang dilakuin mingguan atau bulanan atau karena ada insidensial.
3. Project Job : kerjaan kalau tamu lagi lunch out atau dinner out atau
kapal lagi dry dock, intinya kerjaan yang hanya bisa dilakukan waktu
tidak ada tamu sama sekali di kapal
Kalau ente :
1.Bufee Runner/ Snack Steward
FJ : prepare bufee, polish cutleries glass bowl plate dll. lap meja, clean up table lunch ama breakfast, taking order
VJ : cleaning carpet, aksesoris ruangan, cleaning machine, inventory dll
PJ : ganti karpet, ganti meja dll.
2. Kitchen (galley/ steward)
FJ : jadi dishwasher yaitu tukang cuci piring, pake mesin, ada namanya
thrower orang yg masukkin piring ke mesin ada receiver orang yg nerima
piring di belakang mesin setelah bersih, ada namanya trolly men orang yg
ngambil piring dari receiver buat di letakkin di restaurant. ada night
cleaner bersihin grill, walling, ceilling, mopping dll. ada pot washer
kerjanya nyuci peralatan dapur kayak panci, pan, sendok masak, pot, dll.
pill potato, pill carrot, pill yang lain, grill, deep fryer, cooking,
cutting, dll
VJ : General Cleaning,....siap siap cape karena di cek sana sini ama kitchen steward nya.
PJ : dry dock, USPH perihal USPH akan aku jelasin nanti bersamaan dengan HACCP.
3. Housekeeping
FJ : bersihin swiming pool, dusting public area, making bed, bersihin toilet, vacum, change linen dll
vJ : deep cleaning pool, bersihin curtain, deep cleaning walling, inventory dll
PJ : ganti bed, bed cover, carpet dll
4. Bar
FJ : pick up liqour bir dll dari store, display, offer bir, taking
order, entertain tamu, bersihin gelas pake glass washing machine, clean
up table, mixing, jugling if necesary, dll dll
VJ : inventory, deep cleaning,
PJ : clean up beer machine, ganti spare part mesin2 bir dll.
yang ane tulis di atas ane mix kerjaan dr level ter rendah ampe yang paling tinggi krn kalau one by one terlalu panjang.
working hours
ane akan ambil contoh disini :
snack steward
breakfast open 7 am. so ente jam 6 paling ga udah prepare
closing 11. beres beres setengah jam paling ga. hanbis tu biasanya break
lunch open 01 pm. so ente biasanya udah prepare jam 12.30.
closing 2.30 . beres2 selesai itu break
tea time 04 pm. 03.30 udah prepare tea cofee , cookies dll
selesai itu cleaning bufee ampe jam 9 malam setelah itu break.
(buffe runner basicly incharge di b'fast ama lunch)
AW (Assistant Waiter) biasanya lunch ama dinner
Waiter biasanya dinner ama b'fast.
First seating (7 PM)
AW setup table sebelum itu kadang jam 4 atau 5
Waiter taking order,. AW info ke kitchen, appetizer jalan,
Appetizer done, masuk soup atau salad,
kelar masuk main course sambil pour wine
kelar main course masuk dessert
setelah itu eng ing eng......kadang dapat tips
cipika cipiki ama tamu
(sepertinya simple tapi aslinya kerjanya kepala di kaki kaki di kepala)
Second seating
same same.....................
Housekeeping
cabin steward biasa udah stand by sebelum jam 7. krn tamu b'fast pagi
nyuri start make up room sebanyak mungkin sebelum tamu kelar b'fast
ambil barang mau pergi tour.
tamu pergi keluar tour hajar dah tu kamar, making bed, dusting, bathroom, dll
yang kasus kalau at sea alias ga ada tour kapal di laut selama beberapa
hari. bingung deh lu mau bersihin kamar. ini tantangan alami sendiri.
buat yang attendant, sebagian besar kerjaan pasti bersih bersih dan
bersih bersih. bersihin pinggiran swiming pool biar ga licin, bersihin
public toilet, refill tisuue dll.
Bar
Nah dari semua crew ini posisi yang paling enak, cleaning an nya dikit,
kalau ada inspeksi yg di cek cuma dikit, kerjanya nawarin beer, liqour,
ada yg pake target juga, tapi jam kerjanya ampe malam, namanya bar ya
tutupnya pasti larut,...bikin moctail atau cocktail buat bartender,
menurutku kerjaan yg agak berat bagi orang bar kalau ente disuruh serve
champagne, kan biasanya pake champagne glass ampe berpuluh biji, nah
trus raft sea alias kapal goyang karena ombak, siap siap deh.
contoh diatas asumsi kapal passenger 3000 passenger kerja di lantai 9 lido (bufee). Tentu ada perbedaan dengan kapal lain.
Salary
Berdasarkan pakta apa gitu lupa, Upah Minimum pelaut untuk bangsa eropa
itu EUR 2000 (pelaut), dan untuk orang asia setengahnya (jgn tanya
sumber dari mana, ane juga dikasi tau ama temen ane pas di kapal). So
untuk entry level kayak :
buffe runner, attendant, steward, bar boy rata rata salary itu USD 700
sampe USD 1000/month. Ada gaji pokok USD 700, tapi plus side job bisa up
to 800 1000,. terganung la, pintar2 bagi waktu ama bakat.
kalau assiten waiter, waiter, cabin steward, second cook bisa up to USD 1500 - USD 2000/month
TIap kapal beda tapi kurang lebih segitu.
Side JOb
Side job di kapal bisa kita lakuin tergantung posisi kita, krn kaitannya waktu ama tenaga. Ini contoh-contoh side job yang ada :
1. Bantuin Cabin Steward make-up room waktu embarkasi. ente bisa vacum
atau cleaning bath room, making bed, dusting dll. Bisa 50 - 100 euro per
hari, tergantung item. yg bayar anak cabinnya
2. Loading, bantuin nge loading barang2 waktu embarkasi. per jam biasanya 5-10 euro, yg bayar perusahaan.
3. gantiin anak waiter waktu tea time, tea time biasanya waiter
incharge, tp berhubung krn mereka yang kena sawer tip jadi pada males
tea time, biasanya minta diganttin ama assistent atau snack steward.
yang bayar waiternya.
4. Barber, kalo pandai mangkas, ini lahan duit buat lo.
5. Masak Indomie, jualan indomie rebus pake telor, ini biasanya kerjaan
anak-anak third cook, pake telpon lo antar cabin. asal jangan ketauan
aja.
6. Jualan Video ama MP3. ini side job ane dulu. ingat ini kapal segala
sesuatu kalu ga dollar ya euro. ane sekali ngisi mp3 ke gadget anak2
latin 5 euro, video euro 10. bikin sistem sendiri lah, pandai2. makanya
bawa external hardisk sebelum berangkat ama latop. bahkan sampe ada yang
ane kursusin microsoft office disini.
7. Anak restaurant ama bar biasanya dapat sisa wine atau liqour dari
tamu, di kumpulin trus di jual ke crew yang drunken muster, ada aja tu
yang mau.
8. Itu yang halal yang haram juga ada, ane gak anjurin tapi harus di
akui kalau di kapal pun crew ada yang jadi Gigolo (gigolo ke tamu dan ke
sesama crew), Bichtes (Nge-Bitch ke tamu dan ke sesama crew), Sekong
(sekong ke tamu dan ke sesama crew). Itu semua ada di kapal, be ready.
Pas di kapal :
- Karena gajian cash so harus extra hati-hati, pastikan agan dapat
locker yang bisa di kunci, kl lemari kamar rusak minta ama crew purser,
kl dibilang nanti, simpan uang di tempat yg aman, titip di purser atau
capilano atau apa lah,.kl yakin aman simpan di travel bag n kunci.
- Bukan ngajarin pelit tapi kalau ada yang pinjam duit hati-hati...baik
itu teman sebangsa indo apa lagi bangsa lain. Be Wise Be Wise dan Be
WIse. Apa lagi cew bule pura2 miskin minjem duit,.JIaah hati2.
Ujung-ujung ga bisa bayar lu bobo in gua aja dehh.....ya gitu lah....
- Don't fight, soale kalau fight 2 2 nya dipulangin, no excuse. Ingat
kalau ada yang nge-FUck You agan itu udah tergolong harasment
(pelecehan) lapor ke crew purser bilang "somebody doing harasment to me,
he said Fuck to me". itu kalau istilahnya nggak kenal satu sama lain,.
tapi kadang kalau udah saling kenal si biasa aja suka saling nge fuck
nge fuck gitu. ini misalnya hari pertama agan buat salah trus temen dari
negara lain bilang FUck you...lapor aja. biar besok2 gak gitu lagi.
issue harasment sangat diperhatikan di kapal.
- se sampai di kapal, cari orang indo yg udah senior yang udah bangkotan
di kapal, lu temenin dah itu orang, tp cari yang bagus-bagus jangan
pula yang mafia. Mafia disini misal lu cew, temenan ama yg gua
maksud,eeeh tau taunya lu dipake,...sama aja itu mafia namanya, .lain
hal kalo lu suka ama suka.
- Buat agan yang pertama berangkat aku sangat menyarankan gaji setengah
dikirim ke indo setengah di pegang. ga perlu dijelasin pasti udah tau
manfaatnya. caranya bikin surat ke purser (hrd kapal) kasi no rek indo
ama bank swift codenya.
- Buat Fucker save your money khususnya kalo kapal lu nyampe di rio
(brazil), rusia (odessa, yalta, st petersburg), spain (barcelona),
Belanda (red square). Be Wise terhadap buyung lu, ucok lu,....jgn ampe
kena penyakit.
- Kalo pas turun ke darat jalan jalan hati hati ama pickpocket,
pickpocket itu pencuri yg pura2 nabrak trus dompet lu udah pindah aja.
hati hati juga scamer. Scamer ini pura pura polisi nanya pasport pas
udah dia pegang kalian diminta ikut ke office. bukannya ke office malah
ke tempat sunyi trus siap siap dipalak.
AGENT
Nah karena nggak ada kapal yang recruit langsung ke user maka kita harus
melalui agent. disini ane hanya share agent2 besar yg ada di kota besar
spt jakarta bali jogja dll. so kalau ada agent lain monggo. ane hanya
tampilin agent besar karena mereka udah bertahun2 berkecimpung disana.
1. Meranti Magsaysay
lokasi tosari kapal : costa crochiere, aida, princess
2. SBI
lokasi kapal : Holland American Cruise line
3. CTI
lokasi kapal : carnival
4. indomarino
lokasi kapal : albatros thomson dll
5. Ratu Oceania
lokasi : bintaro kapal : celebrity, disney dll
6. indolila
lokasi : tegal kapal : river cruise (kapal- kapal sungai)
nb : info lebih lanjut googling aja gan,..masuk ke web utama cari tau sendiri.
So, kalau ada agent-agent lain untuk kapal yang sama di daerah biasanya
itu subagent, artinya mereka recruit di daerah dan endingnya mereka akan
serahkan crew ke agent besar. Tiap-tiap agent punya ciri khas
tersendiri. Ada yang pakai trainning ada yang tidak, ada yg agent fee
bisa dicicil dari gaji ada yang tidak bisa. ada yang 20 juta ada yang 40
juta. macem-macem. tiap agent punya plus minus.
Oke itu cerita-cerita di kapal. Back to Purpose. Biar ga ketipu. Saya
secara pribadi merekomendasikan agent agent yang sudah saya tulis
diatas. Bilamana ada agent-agent lain yang menurut agan lebih bagus
monggo. Yang penting ingat hal dibawah ini :
- Jangan pernah bayar agent fee sebelum agan pegang tiket pesawat
- Jangan pernah bayar agent fee sebelum ada contract yang harus di sign
- Jangan sign contractnya kalau gajinya tidak sesuai dengan yang
dijanjikan di awal. Kalau dari waktu interview dibilang gajinya 1500
euro tau tau pas di kontrak 1500 dollar amerika, kan beda, jangan mau.
- ingat kita butuh agent, agent juga butuh kita, jangan gara2 agen nya
bantu kita seolah-olah boleh suka-suka mereka,no, kl ada yang gak sesuai
kita harus kritis.
Simulasi
Simulasi disini maksudnya untung rugi kalau naik kapal dilihat dari sisi finansial.
Kontrak Pertama (8 bulan - umumnya)
Biaya sertifikat : Rp 3.750.000
Medical : RP 1.000.000
Agent Fee : Rp 30.000.000 (ini ane ambil dari agent fee dari salah satu
agen besar, ada juga yg lebih kecil tp ane ambil yg terburuk)
Total : Rp 34.750.000
Salary Agan
Gaji pokok : USD 700 X 8
Side job DLL : USD 100 X 8
Total : USD 6400
biaya selama di kapal (pulsa, makanan ringan, tour, oleh oleh, libido expenses dll) = USD 1500 (asumsi udah boros banget)
TOtal : USD 4900 (asumsi dollar @ 9000)
Total : Rp 44.100.000
So agan masi bisa nabung ; Rp 9.350.000
Kontrak Kedua (8 Bulan)
Biaya berangkat : kurang lebih Rp 5.000.000
Salary : USD 6400
karena udah tau celah jadi ga boros jadi cuma habis 500 dollar
sisa 5900.
bawa pulang : Rp 53.000.000
dan kontrak-kontrak seterusnya.
Tapi ingat ya, ini dengan asumsi agan tidak dipulangin. Karena agan bisa dipulangin apa bila :
1. Mengalami sakit keras, chicken fox (cacar), epilepsi, hernia (turun beroo), organ tubuh ada yg putus, butuh operasi dll.
2. Melakukan kesalahan fatal (ngerokok di area yg bukan smoking area di
kapal, mainin water tide door, melakukan harasment (ngeliat bule yg
berjemur telanjang berlebihan apalagi sampe ambil foto, nidurin sesama
crew ampe hamil) dll dll.
3. Ketinggalan di port tertentu, kapal udah jalan, ente asik belanja..pas ke pelabuhan kapal udah jalan,..wasalam......
4. Terlibat kriminal (judi, nyuri, membunuh, berkelahi dll)
Ada satu lagi istilahnya JUMP SHIP.
Jump ship biasanya dilakuin di amerika. jump ship ini maksudnya kita
pegang pasport kita keluar trus ga balik ke kapal alias menetap di
negara yang kapal lagi nge port. Banyak yang begini jadi imigran gelap
di amerika, london dan negara2 besar lain. Kalau mau jump ship pastikan
temen lu ada di negara itu.
Penutup
Mungkin masi banyak hal yang belum dibahas. Dipersilakan bagi yang lain
buat nambahin biar ga da lagi yang ketipu atau tersesat. Semoga
bermanfaat. Kalau ada pertanyaan ane usahain jawab. Ingat ane bukan
agent. Pertanyaan yang domainnya agent akan gua jawab langsung aja ke
agent. Oke.
Sumber : rio_stoda -- Kaskus.com
No comments:
Post a Comment
Sila