Wednesday, December 3, 2008

Tips untuk Bisa Kerja di Kapal Pesiar

Minat bekerja ke kapal pesiar di kalangan generasi muda Bali sangat besar. Tingginya minat tersebut lantaran bekerja di kapal pesiar bisa mendapatkan gaji yang besar dan juga pengalaman keliling dunia. Lantas bagaimana tips untuk dapat bekerja di kapal pesiar. Mantan pekerja kapal pesiar yang kini menjadi General Manajer Area PT Lorin Indonesia, Bambang Mintosih memberikan tips untuk bisa kerja di kapal pesiar. Modal dasar yang harus dimiliki seseorang agar dapat diterima bekerja di kapal pesiar adalah:
1. Pengalaman kerja di bidang jasa service, restoran, kafe, hotel atau bar minimal 8 bulan.
2. Penguasaan bahasa asing terutama Bahasa Inggris.
3. Memiliki tinggi badan 160 cm bagi laki-laki, 150 cm bagi perempuan.
4. Secara fisik harus sehat karena kerja di kapal pesiar membutuhkan stamina tinggi.
5. Begitu pula mental harus sehat.
6. Dan yang terakhir adalah lolos tes.
Jenis Kapal Pesiar ada dua, yaitu: Holland America Lines, kapal pesiar memiliki warna dominan biru laut dengan kombinasi warna putih pada bagian atasnya. Dan Kapal Putih, kapal pesiar lain rata-rata memiliki warna putih bersih. Nama-nama terkenal kapal putih antara lain: Carnival Cruise Line, Norwegian Cruise Line, Cunard Line, Royal Caribbean, Windstar Cruises, Seabourn Cruises, dan Princess Cruises. Kapal Putih ini tak butuh seleksi ketat. Cukup dengan pengalaman berlayar, bahasa Inggris bagus dan uang Rp 20 juta, biasanya pasti diterima.
Tips wawancara untuk masuk ke kapal pesiar Holland America Lines, agar diterima:
1. Tangan tidak boleh bertato.
2. Penampilan sopan.
3. Datang satu jam sebelum diwawancarai.
4. Sebelum masuk ruangan, ketok pintu. Jangan masuk ruang wawancara jika belum dipersilakan.
5. Begitu dipersilakan masuk, beri salam kepada yang akan mewawancarai.
6. Jangan duduk sebelum dipersilakan.
7. Saat ditanya soal motivasi kerja di kapal pesiar jawablah to the point atau jangan berbelit-belit. Misalnya: ingin membantu orang tua, ingin mandiri dan ingin pergi keluar negeri dengan gratis.
8. Saat wawancara posisi tangan jangan di atas meja. Letakkan tangan pada paha.
9. Pandangan mata ke arah pewawancara.
10. Selalu senyum.
11. Bicara wajar saja ketika wawancara. Jangan dibuat-buat.
12. Ucapkan terima kasih begitu selesai diwawancarai.
Pertanyaan yang sering dilontarkan bagi peserta tes kapal pesiar: Kelebihan dan kekurangan pelamar. Ungkapkan potensi yang anda miliki atau kelebihannya. Misalnya: kekurangannya takut ketinggian atau tidak bisa berenang. Kelebihan: disiplin, bersemangat dan memiliki motivasi kuat, kerja keras.
Tahapan kerja di kapal pesiar Holland America Lines:
1. Membuat Surat Lamaran dikirimkan ke Agen Resmi SBI alamat: Wisma Sudirman Lantai 16-17 Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta (melalui agen SBI langsung tanpa calo).
2. Wawancara. Jika beruntung, begitu selesai langsung dipanggil. Tapi kalau tidak, biasanya proses dipanggil antara 3 sampai 4 bulan baru berangkat.
3. Untuk kapal Holland America Lines tidak dipungut uang, kecuali pembuatan paspor dan kesehatan, jumlahnya sekitar Rp 2 juta. Kalau ada yang mengeluarkan biaya banyak, biasanya melalui calo.
Yang perlu diperhatikan ketika bekerja di kapal pesiar adalah jangan berkelahi dan melakukan pelecehan seksual karena pelanggaran itu bisa dikeluarkan. (Yuliantoro)
(dikutip dari http://harianjoglosemar.com )

No comments:

Post a Comment

Sila