Tuesday, March 10, 2009

Fasilitas Diklat yang Standard di Indonesia

Bridge Simulator
Menggunakan simulator sesuai dengan programnya seperti : Bridge, Radar & Arpa, GMDSS, Engine, Cargo Handling ( Oil, Chemical & LPG ),IGS,ODMC,COW, Fire Fixed fire Fighting Instalation, Fire Detektor & Alarm , Engine (Diesel, Mesin bantu, Instalasi listrik).
Menggunakan sarana praktek seperti : Engine & Deck Workshop, Fire Ground, Smoke Chamber, Life raft, Enclosed life boat , Swimming Pool (termasuk life boat, life raft, dan rescue boat), Safety Practical Lab ( BA, Fire Fighting, Surgery Equipment ) dan Laboratorium Bahasa Inggris Maritime.
Fire Ground
Fire Ground yang dimiliki Pertamina Maritime Training Center terletak di Plumpang dengan luas kurang lebih satu hektar dengan alat praktek seperti bak besar, screen Ruang kelas ber-AC lengkap dengan audio visualnya, Perlengkapan praktek dengan standard keselamatan kerja (pakaian kerja, helm dan sepatu) perlengkapan belajar ( hend out dan alat tulis).


ECDIS Simulator
Untuk meningkatkan kualitas dan mengikuti perkembangan tekhnologi dalam dunia pelayaran maka pertamina maritime training center menambah ECDIS (Elektronik Chart Display) Simulator, dimana nahkoda dapat menentukan arah tujuan dengan mudah menggunakan Chart yang tersedia secara electrik di komputer.


Smoke Chamber
Smoke Chamber digunakan untuk melatih peserta Training dapat mempraktekkan cara menggunakan alat - alat Breathing Apparatus, tidak hanya dengan benar tetapi juga dilatih cara mempraktekkan mencari dan mengevakuasi korban.


Lab Bahasa Inggris
Pertamina dilengkapi dengan laboratorium Maritime Inggris untuk meningkatkan atau mempermudah peserta training belajar berkomunikasi dengan Pelaut seluruh dunia dengan menggunakan maritime inggris.


Fire Ground
Fire Ground yang cukup luas dimana praktek teknik lempar dan gulung selang, pelatihan baris - berbaris dapat dilaksanakan dengan optimal



GMDSS
GMDSS ( Global Maritime Distres and Safety System ) dimana di Pertamina Maritime Training Center dilengkapi dengan Simulator dengan Komputer Pentium Core Duo dan LCD Monitor, Radio 2 way comunication ,dll.

Ruang kelas
Di Pertamina Maritime Training Center mempunyai 20 Ruang kelas ber AC dilengkapi dengan LCD Proyektor, Infocus, DVD Player, TV Color, Laptop serta Ruang kelas dapat diseting sesuai janis penlat yang dilaksanakan.


Laboratorium neutika dan tekhnika yang meliputi mesin bubut, mesin Power sterring dan tali temali diantaranya An Overhand Knot, A Bowline, A Running Bowline,Sheepshank, A Reef knot,Kursi Monyet, tali bangunan, tali buangan, Kepala Monyet dan lain - lain.



Kolam renang
Kolam renang dilengkapi dengan alat peraga alat - alat peraga penolong : life jacket, lift raft dengan isinya, rescue helicopter, lifebouy, sekoci terbuka dan tertutup, emmersion suit, TPA sehingga para peserta training mampu dan terampil menggunakan alat - alat penolong tersebut apabila terjadi kecelakaan di dalam kapal.

No comments:

Post a Comment

Sila