Tuesday, January 12, 2016

8 Langkah Agar bisa Kerja di Kapal Pesiar

8 Langkah Agar bisa Kerja di Kapal Pesiar

Sebuah kapal pesiar dijalankan oleh ratusan kru atau awak kapal pesiar dengan berbagai bidang pekerjaan masing-masing, mulai dari teknisi hingga bagian pelayanan tamu. Para karyawan atau awak kapal pesiar ini diwajibkan menandatangani kontrak untuk bekerja secara internasional selama berbulan-bulan.
Kapal pesiar membutuhkan banyak kru untuk bekerja dalam setiap aspek pekerjaan di kapal. Bekerja di kapal pesiar merupakan cara terbaik untuk melihat dunia, mengumpulkan uang dan bertemu orang baru dari berbagai negara.
Jika anda merupakan mahasiswa pariwisata dan sedang mencari bagaimana prospek kerja lulusan pariwisata, maka anda harus membaca artikel ini sampai habis :)
Artikel ini akan memberikan Anda tips dan langkah-langkah agar bisa kerja di kapal pesiar. Berikut langkah-langkahnya

Pahami Pekerjaan yang ada di Kapal Pesiar

8 Langkah Agar Bisa Kerja di Kapal Pesiar-Langkah- (1)

1. Putuskan terlebih dahulu apakah pekerjaan dan karir di kapal pesiar adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Meskipun bisa menjadi cara yang bagus untuk melihat dunia, kerja di kapal pesiar tidaklah mudah. Oleh karenanya ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan jika ingin kerja di kapal pesiar.
  • Tentukan apakah Anda mudah terkena mabuk laut. Mabuk laut ringan memang bisa sewaktu-waktu terjadi, mengingat pekerjaan di kapal pesiar yang memakan waktu hingga berbulan-bulan. Namun perlu Anda ketahui, awak kapal pesiar umumnya tidur di bagian bawah kapal dengan ruangan sempit dan hanya ada beberapa jendela saja. Jika hal ini bisa menjadi masalah bagi Anda, apalagi Anda mudah terkena mabuk laut, maka kapal pesiar mungkin tidak akan menjadi lingkungan yang baik untuk Anda bekerja.
  • Ingatlah bahwa di kapal pesiar, Anda akan bekerja hingga 7 hari dalam seminggu. Orang-orang yang bekerja di kapal pesiar memiliki jam kerja yang bervariasi setiap harinya. Anda mungkin akan mendapatkan 2 sampai 4 bulan liburan selama kontrak, tetapi Anda juga bisa diminta untuk bekerja hingga 14 jam per hari.
  • Putuskan apakah Anda bisa bertahan bekerja selama berbulan-bulan tanpa atau dengan sedikit komunikasi dengan dunia luar (keluarga, teman atau orang terdekat). Pekerjaan di kapal pesiar sering diambil oleh anak muda yang masih lajang, ini karena awak kapal pesiar harus bekerja selama berbulan-bulan jauh dari rumah. Akses Internet tersedia di kapal, tapi biasanya Anda dikenai biaya tambahan untuk menggunakannya.
8 Langkah Agar Bisa Kerja di Kapal Pesiar-Langkah- (2)

2. Pahami bagaimana kapal pesiar beroperasi

Anda perlu mempelajari secara umum bagaimana sebuah kapal pesiar beroperasi. Meskipun operasional kapal pesiar mirip dengan hotel, namun tentu terdapat banyak perbedaan antara kapal pesiar dengan hotel.
  • Awak kapal pesiar dalam pekerjaannya akan sangat sering berinteraksi dengan penumpang, meskipun terkadang bukan disaat jam bekerja.
  • Awak kapal biasanya diberikan 1 kamar tidur masing-masing, namun ada juga yang harus sekamar dengan karyawan lain, tergantung dengan jenis kapal pesiar serta tingkatan pekerjaan.
  • Karyawan pada tingkatan jabatan paling rendah biasanya tinggal di bagian bawah dek kapal dan mendapat waktu kerja yang lebih banyak. Beberapa karyawan juga tidak diperbolehkan untuk meninggalkan kapal pesiar ketika berlabuh suatu negara atau di destinasi wisata.
8 Langkah Agar Bisa Kerja di Kapal Pesiar-Langkah- (3)

3. Buat daftar lowongan kerja di kapal pesiar

Kunjungi 3 website perusahaan kapal pesiar terbesar di dunia berikut ini (silahkan klik masing-masing nama perusahaan untuk menuju ke situs webnya) Royal Caribbean, Carnival dan Norwegian Cruise lines untuk melihat apakah ada lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan-perusahaan itu akan memasang pengumuman di website mereka jika ada lowongan pekerjaan.
Ingatlah bahwa Anda akan bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan pelamar. Oleh karena itu buat sebanyak mungkin daftar lowongan kerja di kapal pesiar yang tersedia agar kesempatan Anda pun semakin bertambah.

Mengajukan Lamaran Kerja di Kapal Pesiar

8 Langkah Agar Bisa Kerja di Kapal Pesiar-Langkah- (4)

4. Buat resume atau Curriculum Vitae (CV) untuk setiap lowongan kerja di kapal pesiar yang Anda targetkan

Di bawah ini merupakan pedoman umum resume untuk lamaran kerja kapal pesiar:
  • Pastikan resume Anda dibuat dalam bentuk file Microsoft Word, Portable Document Format (PDF) atau Rich Text Format. Buatlah resume Anda sebanyak 1 sampa 2 halaman dengan ukuran huruf tidak kurang dari 10pt.
  • Buat daftar pengalaman kerja Anda dimulai dari yang paling terakhir. Pihak manajemen kapal pesiar akan lebih senang jika Anda menempatkan pengalaman kerja sebelum riwayat pendidikan. Masukkan keterampilan (skill) di bawah setiap riwayat pekerjaan yang mengarah pada posisi yang Anda lamar di kapal pesiar. Buat keterangan sejelas mungkin, karena kapal pesiar merupakan perusahaan internasional, maka belum tentu pihak manajemen mengathui perusahaan terakhir tempat Anda bekerja.
  • Buat daftar riwayat pendidikan dimulai dari pendidikan yang paling tinggi. Jika Anda memang belum memiliki pengalaman kerja atau hanya mempunyai sedikit pengalaman kerja, tidak masalah untuk menempatkan riwayat pendidikan di atas pengalaman kerja. Beberapa jenis pekerjaan di kapal pesiar tidak mengharuskan pelamar untuk memiliki pengalaman kerja.
  • Buat daftar bahasa yang Anda kuasai, termasuk tingkat penguasaan Anda terhadap bahasa tersebut, misalnya lancar (aktif ) atau kurang atau (pasif).
  • Buat bagian khusus di lamaran kerja Anda untuk menunjukkan keterampilan (skill) Anda yang berhubungan dengan posisi yang akan Anda lamar di kapal pesiar tersebut.
  • Sertakan juga foto diri (jika diminta). Meskipun beberapa perusahaan kapal pesiar di Amerika tidak meminta foto diri, namun tetap ada beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamar untuk menyertakan foto diri di resume mereka. Buat foto diri Anda menarik dan profesional.
  • Sertakan 2 sampai 3 referensi dari orang-orang yang berkompeten untuk menilai kemampuan Anda dalam bekerja. Pastikan Anda juga menyertakan nomor telepon dengan format internasional (diawali dengan +62 untuk Indonesia) sebagai sarana komunikasi antara manajemen kapal pesiar dengan orang yang mereferensikan Anda.
8 Langkah Agar Bisa Kerja di Kapal Pesiar-Langkah- (5)

5. Buat surat lamaran yang meyakinkan

Tulis lamaran Anda sebanyak 400 kata atau kurang, berikan format tebal (bold) untuk pengalaman kerja, keterampilan dan pendidikan Anda yang menunjukkan bahwa Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar tersebut. Jika Anda melamar lebih dari satu posisi, buat beberapa surat lamaran dengan format yang berbeda-beda. Mungkin pada posisi pekerjaan tertentu Anda ingin menonjolkan kemampuan Anda dalam bidang tertentu pula.
8 Langkah Agar Bisa Kerja di Kapal Pesiar-Langkah- (6)

6. Ajukan lamaran pekerjaan ke 3 perusahaan kapal pesiar besar di atas dan perusahaan kapal pesiar yang lebih kecil

Jika Anda belum diterima bekerja di perusahaan kapal pesiar yang besar dan hanya diterima di perusahaan kapal pesiar kecil, maka gunakan kesempatan tersebut untuk menambah pengalaman kerja Anda. Jika Anda memiliki banyak pengalaman kerja, maka akan lebih mudah untuk diterima di perusahaan kapal pesiar besar. Jika Anda memiliki pengalaman dalam bidang wisata minat khusus, jadikan hal itu sebagai nilai tambah untuk dimasukkan di resume Anda.
8 Langkah Agar Bisa Kerja di Kapal Pesiar-Langkah- (7)

7. Hubungi penyedia jasa penyaluran tenaga kerja untuk kapal pesiar atau situs web khusus lowongan kerja kapal pesiar jika Anda kesulitan mencari pekerjaan di situs web perusahaan kapal pesiar

Jasa penyaluran tenaga kerja maupun situs web lowongan kerja biasanya akan memungut biaya untuk dapat menggunakan jasa mereka. Oleh karena itu, cek dulu keabsahan dan perizinan dari jasa maupun situs web tersebut agar Anda tidak tertipu.
8 Langkah Agar Bisa Kerja di Kapal Pesiar-Langkah- (8)

8. Hubungi bagian perekrutan tenaga kerja dari kapal pesiar untuk memperbarui resume Anda.

Jika Anda belum mendapat kesempatan bekerja pada lamaran pertama Anda, maka jangan putus asa untuk mengajukan lamaran kembali pada posisi yang lain, minta pihak manajemen kapal pesiar untuk memperbarui resume Anda jika Anda memiliki pengalaman atau keterampilan yang baru.

PERHATIAN

Berhati-hatilah terhadap jasa penyaluran tenaga kerja kapal pesiar yang meminta Anda menyetor uang kepada mereka agar bisa bekerja di kapal pesair. Pihak perusahaan kapal pesiar sebenarnya memberikan pembayaran kepada jasa penyaluran tenaga kerja kapal pesiar karena telah membantu proses pencarian karyawan. Oleh karenanya cek dulu perizinannya.

sumber : http://studipariwisata.com

No comments:

Post a Comment

Sila