Wednesday, July 23, 2014

Syarat Pelaut Pemula menurut STCW

Pengurusan Basic Safety Training (BST) & Buku Pelaut (Seaman’s Book) Bagi Pemula

Bagi Anda para pemula yang ingin bekerja di Kapal Pesiar maupun Kapal Cargo domestik, Dua dokumen awal yang wajib dimiliki yaitu sertifikasi BST (Basic Safety Training) dan Buku Pelaut. Tergantung dari jenis kapal dan ketentuan agen, dokumen yang diperlukan bisa pula berbeda. Misalnya agen Kapal Pesiar ada yang mensyaratkan untuk memiliki dokumen CCM, SCRB, ANTD/ATTD, dll.. tentunya dokumen tersebut harus Anda miliki dahulu dengan menempuh beberapa proses secara resmi.
Untuk pemula, pada umumnya BST dan Buku pelaut saja sudah cukup sebagai syarat awal untuk mendapatkan job di Cruise Ship / Kapal Pesiar. Bagi yang belum memiliki syarat tersebut bisa mendapatkan di institusi-institusi seperti PIP Semarang, BP2IP Surabaya, Pertamina, dsb dengan cara mendaftar langsung ke tempat tersebut. Pendidikan harus dijalani biasanya selama satu minggu.
Syarat-syarat yang harus disiapkan untuk mendapatkan BST dan Buku Pelaut diantaranya:
  • Usia minimum 18 tahun
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) -siapkan juga fotokopinya
  • Surat keterangan tidak buta warna (dari dokter/RS/Puskesmas)
  • Fotokopi Akte Kelahiran
  • Fotokopi kartu Keluarga
  • Fotokopi Ijazah pendidikan terakhir
  • SKCK asli
  • Pas foto 5×5 sebanyak 4 lembar dengan menggunakan kemeja putih tanpa dasi dan jas ; background biru untuk hotel dan deck department, background merah untuk engine department
  • Kesiapan fisik dan mental untuk mengikuti proses pelatihan
Keterangan:
  • Siapkan syarat-syarat dokumen diatas rangkap 2
  • Semua biaya pelatihan dibayar dimuka (variatif tergantung institusi yang Anda pilih)
  • Setelah sertifikat BST diterbitkan, selanjutnya digunakan untuk membuat Buku Pelaut di kantor syahbandar pelabuhan yang ditunjuk.
Tidak ingin ribet? Bintang Samudra menyediakan jasa pengurusan dokumen tersebut bagi Anda para pemula. Silahkan datang ke kantor Bintang Samudra pada jam kerja untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Bilamanana menggunakan jasa kami beberapa point penting yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
  1. Proses pengurusan dan pendidikan BST dan Buku Pelaut berlangsung di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Focus Jakarta, atau BP2IP tergantung availability
  2. Pendaftaran hari ini (paling lambat Jumat), maka Senin depannya sudah masuk kelas pendidikan BST. (tidak perlu menunggu waiting list yang lama)
  3. Proses pendaftaran, jadwal pelatihan, kost sudah kami uruskan diawal. Anda cukup berangkat ke institusi yang bersangkutan beberapa hari sebelum kelas pendidikan dimulai (kelas akan dimulai setiap hari Senin)
  4. Pendidikan wajib dijalani sesuai dengan jadwal dan prosedur yang berlaku
  5. Semua peraturan dan ketentuan resmi tetap berlaku dan wajib dipatuhi
  6. BST dan Buku Pelaut yang sudah diterbitkan setelah selesai pendidikan akan dikirim ke kami untuk selanjutnya bisa Anda ambil.
  7. Menggunakan jasa kami berarti Anda telah menghemat waktu dan tenaga dalam mengurus pembuatan dokumen tersebut.
  8. Mohon perhatian khusus pada point nomor 3 dan 4.
  9. Dokumen yang Anda dapatkan adalah asli, valid dan bisa diverifikasi secara online via situs pelaut.go.id.
Sertifikat BST (Basic Safety Training)
Pembuatan Buku Pelaut
Beberapa materi dalam pelatihan untuk mendapatkan sertifikat BST antara lain: dasar-dasar keselamatan, petunjuk keselamatan, prinsip bertahan hidup di laut, menghadapi keadaan darurat (kebakaran, tenggelam, faktor manusia, faktor teknis dsb), penyelamatan awak, alat-alat keselamatan, isyarat bahaya, evakuasi, dan lain-lain.
Sertifikat BST yang sudah jadi selanjutnya akan digunakan untuk membuat Buku Pelaut di Syahbandar pelabuhan terkait. Waktu yang diperlukan untuk proses issued BST dan Buku pelaut bervariasi antara 2 minggu sampai 1 bulan.
Jika BST (Basic Safety Training) dan Buku Pelaut sudah siap, bisa digunakan untuk melamar di Kapal Pesiar. Disamping syarat-syarat lain yang harus terpenuhi sesuai dengan posisi kerja yang dilamar.
Layanan yang kami tawarkan ini cocok untuk mereka yang memiliki keterbatasan waktu untuk mengurus segala sesuatunya sendiri. Juga cocok bagi mereka yang berasal dari luar daerah (luar pulau Jawa) karena Anda cukup datang untuk ikut pendidikan, setelah itu bisa Anda tinggal pulang ke kampung halaman. BST dan Seaman’s book yang telah jadi akan kita kirimkan ke alamat Anda, bebas ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

1 comment:

Sila